Recent Posts

    Pengertian Deface, Jenis, serta Faktor - Faktornya


    TeknoGame ~ Mungkin Sobat sering mendengar kata Deface, tapi taukah Sobat Apa itu Deface? Orang yang melakukan Deface di sebut Defacer

    Pengertian Deface
    Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server. Teknik ini dapat dilakulan karna terdapat lubang atau celah pada security sistem yang ada di sebuah aplikasi. Hal imi bertujuan untuk melakukan perubahan tampilan yang dimiliki oleh si Defacer. 

    Deface merupakan sebuah serangan untuk mengganti visual dari sebuah website. Para Hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya diketahui oleh admin website tersebut. Serangan ini dengan tujuan utama merubah tampilan website baik halaman utama maupun halaman lain yang terkait. 

    Kegiatan ini di istilahkan dengan WEBDEFACEMENT, hal ini biasa dilakuakan oleh para Attacker atau penyerang karna tidak puas atau tidak suka kepada individu lain.

    Sekarang Sobat sudah tau apa itu Deface. Sekarang kita lanjut bahas Jenis Jenis Deface


    Jenis - Jenis Deface
    Serangan Deface dibagi 2 berdasarkan kerusakan yang terjadi pada suatu server.

    1.Full Of Page
    Full of Page berarti melakukan deface pada seluruh halaman depan atau index di suatu website. Teknik ini biasanya di kenal dengan istilah Home Deface. Untuk melakukan teknik ini si Defacer harus mempunyai akses lansung dengan server

    2.Sebagian atau Titip File
    Sebagian atau Titip File berarti si defacer melakukan Defacing pada salah satu halaman website ataupun menambahkan file ke dalam Database website tersebut, dengan tujuan ini pesan maupun tanda bahwa websitenya pernah di masuki user lain selain Developer web atau admin webnya. 

    Nah, sekarang Sobat sudah tau Jenis - jeni Deface, sekarang mari kita lanjut Fakto terjadinya Defacing


    Faktor Terjadinya Defacing
    1. Sebuah akses internet yang tidak terbatas. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat teknologi komputer semakin canggih dan tak terbatas.

    2. Kelalaian pengguna komputer dan sistem keamanan jaringan yang lemah. 
    Hal ini merupakan salah satu penyebab utama Defacing, karena websitenya memiliki sistem keamanan yang lemah.

    3. Mudah dilakukan.
    Dengan risiko keamanan yang kecil dan tidak diperlukan peralatan yang super modern. Karena kejahatan komputer mudah untuk dilakukan tetapi akan sangat sulit untuk dilacak, sehingga ini mendorong para pelaku untuk melakukan ini.

    4. Si Defacer umumnya cerdas
    Memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan fanatik akan teknologi komputer. Pengetahuan tentang kejahatan komputer tentang cara kerja komputer jauh di atas operator komputer.

    5. Kurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah. 
    Masyarakat dan penegak hukum saat ini masih memberi perhatian yang sangat besar terhadap konflik konvesional. Pada saat para korban kejahatan komputer masih terus melakukan aksi kejahatannya.

    7. Iseng atau unjuk kebolehan. 
    Berawal dari rasa ingin tahu dan ingin bisa disebut hebat atau keren, pengguna dengan iseng mencoba dan ngerjain situs web pengguna lain untuk deface.

    8. Keadaan atau uang.
    Tidak ada kerjaan dan suka iseng, pergaulan yang memerlukan negatif didunia internet serta mental etika jaringan kurang kuat, maka akibatnya mencari uang atau menggunakan cara men-deface sebuah situs web, meminta admin situs web tersebut untuk mengirimkan si defacer uang. Hal ini juga bisa sampai membobol database dan carding.

    9. Pekerjaan
    Dalam kasus ini dapat juga menjadi hobi dan profesi seorang cracker untuk men-deface, membobol database dan carding untuk mencari kepuasan dan mencari bahan untuk membuat uang.

    10. Dendam
    Seperti layaknya para hacker Indonesia yang membalas rasa sakit dengan cara deface beberapa situs web Malaysia sebagai bentuk rasa kepeduliannya mencoba bangsanya.


    Oke, demikian dulu artikel kali ini ya Sob. Maaf saya jarang Upload karna saya banyak kegiatan lain. Jika bermanfaat jangan lupa Share ke Sobat lainnya.

    Belum ada Komentar untuk "Pengertian Deface, Jenis, serta Faktor - Faktornya"

    Posting Komentar

    Harap perhatikan etika dalam berkomentar:

    1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata-kata.
    2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan artikel pada halaman ini.
    3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
    4. Jika sempat, semua komentar anda akan saya balas.

    Terima kasih atas perhatiannya. Terima kasih sudah berkunjung!

    Popular Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Bawah Artikel